Personal Space (Ruang Personal)

Definisi

Istilah personal space pertama kali digunakan oleh katz pada tahun 1973 dan bukan merupakan sesuatu yang unik dalam istilah psikologi, karena istilah ini juga dipakai dalam bidang biologi, antropologi dan arsitektur (Yusuf, 1991).

Sedangkan Goofman (dalam Altman, 1975) menggambarkan ruang personal sebagai jarak/daerah disekitar individu dimana dengan memasuki daerah orang lain, menyebabkan orang lain tersebut merasa batasnya dilanggar, merasa tidak senang, dan kadang-kadang menarik diri.

Edward T Hall membagi 4 zona spasial dalam interaksi social, yang terdiri dari: jarak intim, jarak personal, jarak social, dan jarak public.

1.      Jarak Intim

Jarak dekat atau akrab. Jarak antara 0-18 inchi. Pada zona ini seseorang dapat merasakan kehadiran orang lain dengan jelas. Hal ini karena seseorang dengan jarak sedekat ini dapat merasakan panas tubuh, bau, suara sampai tarikan nafas. Sedangkan pada jarak 0-6 inchi atau sering disebut dengan fase dekat pada jarak intim, kontak fisik menjadi teramat penting. Misal saat seseorang sedang bercinta, atau bermain gulat atau sumo.

2.      Jarak Pribadi

Memiliki jarak antara 1,5 – 4 kaki. Dan masih dibagi lagi menjadi dua fase. Yaitu fase dekat (1,5 – 2,5 kaki) dan fase jauh (2,5 – 4 kaki). Fase dekat memiliki kesamaan dengan jarak intim. Seseorang masih bisa mencium bau, sentuhan dan lain-lain. Namun tidak terjadi sepertinya halnya saat seseorang bercinta atau bergulat. Sedangkan fase jauh, jaraknya memanjang dimana saat seseorang saling mengulurkan tangan baru terjadi sentuhan. Namun komunikasi masih dapat dilakukan, karena masih dapat mengamati beberapa hal dari lawan bicara, seperti warna rambut, mimic muka, ekspresi dan lain sebagainya

3.      Jarak social

Memiliki jarak 4 – 25 kaki dan merupakan jarak yang masih memungkinkan untuk melakukan kontak social maupun hubungan bisnis. Keras dan nyaring nya suara menjadi bagian yang penting dan dengan mudah dapat dideteksi, namun hal-hal seperti fase sebelumnya menjadi kurang penting.

4.      Zona public

Berjarak 12 – 25 kaki. Jarak ini biasa terdapat dalam pembicaraan-pembicaraan formal. Seperti seminar, pidato dan lain sebagainya.

Ruang Personal dan Perbedaan Budaya

Sama halnya dengan kesesakan. Ruang personal juga memiliki perbedaan ditiap budaya dalam negara-negara yang ada di dunia. Seperti orang Jerman yang memiliki sensitifitas terhadap gangguan. Sedangkan orang-orang Inggris adalah orang yang pribadi atau private. Penelitian juga menemukan bahwa orang Arab memiliki jarak interpersonal lebih dekat disbanding dengan orang-orang Amerika yang memiliki jarak interpersonal yang lebih jauh lagi.

 

Sumber:

About widiyanto.Dwi.L/10508234

just figure it out by yourself
This entry was posted in Uncategorized. Bookmark the permalink.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s