Groupthink

Pernah saya jelaskan sebelumnya bahwa kelompok dapat meringankan beban tugas, bertukar informasi, dan termasuk didalamnya membuat keputusan berdasarkan info-info yang ada dari masing-masing anggota. Tapi tahukah kalian bahwa ternyata ada beberapa factor yang menyebabkan keputusan kelompok terkadang lebih buruk dari keputusan atau pemikiran individu??

Lebih jauh dari informasi diatas bahwa saya ingin coba menjelaskan tentang groupthink atau dalam bahasa Indonesianya adalah pemikiran kelompok. Menurut Irving Janis (1972,1982) bahwa groupthink adalah suatu pemikiran yang mengedepankan solidaritas dan kelekatan / kekompakan ( kohesivitas) daripada menyadari / memikirkan fakta-fakta realistis yang ada.

Groupthink memiliki 3 tingkatan atau proses:

1.       Antecedent of Groupthink: Dimana kelompok ini memiliki kekohesivitasan yang tinggi, orang-orang tertarik untuk bergabung, dan kelompok ini mengisolasi diri serta melindungi diri dari mendengar sudut pandang alternative.

2.       Symptom of Groupthink: Munculnya illusion og Invulnerability atau ilusi akan kekebalan yang diamana kelompok berpendapat mereka tidak akan membuat kesalahan dan percaya bahwa Tuhan berada di pihak mereka.

3.       Defective Decision Making: Yang terakhir adalah kecacatan dalam pembuatan keputusan yang diamana tidak selesainya pen-surveyan akan jalan alternative dan gagal memeriksa resiko dari jalan yang mereka ambil, serta buruknya pencarian informasi dan akhirnya gagal akan pengembangan rencana kontigensi.

Jadi bisa kita simpulkan bahwa groupthink merupakan usaha pengambilan keputusan berdasarkan hanya informasi anggotanya tanpa melihat fakta yang beredar atau dengan sengaja menolak pendapat-pendapat diluar kelompoknya.

 

Sumber:  Elliot Aronson, Timothy D. Wilson, Robin M. Akert, Social Psychology, Sixth Edition

About widiyanto.Dwi.L/10508234

just figure it out by yourself
This entry was posted in Uncategorized. Bookmark the permalink.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s