Cara Menghindari Groupthink

Seperti yang saya jelaskan sebelumnya bahwa groupthink dibentuk berdasarkan informasi anggotanya. Jika ada anggota pasti ada pemimpin yang memimpin jalannya suatu perbincangan yang mengarah kepada pengambilan keputusan.

Seorang pemimpin yang bijaksana  ternyata merupakan kunci diama mereka dapat membuat kelompok nya kebal akan gaya berpikir groupthink ini dalam pembuatan keputusan ( Flowers, 1997; McCauley, 1989; Zimbardo & Andersen, 1993).

1.       Remain Impartial: Pemimpin tidak seharusnya mengambil peran atau peraturan yang directive dan sudah seharusnya pemimpin tidak memihak.

2.       Seek outside opinion: Sudah seharusnya pemimpin mengundang orang yang memiliki opini diluar kelompoknya, sehingga kelompok mengerti dinamika dan fakta-fakta yang ada dilapangan.

3.       Create subgroup: Pemimpin seharusnya membuat sub-sub kelompok saat pertama kali kelompok itu dibentuk, dan bertemu guna mendiskusikan rekomendasi yang berbeda dari masing-masing subkelompok tersebut.

4.       Seek Anonymous Opinions: Pemimpin mungkin bisa mengadakan pemungutan suara atau meminta anggotanya untuk menuliskan opini mereka

 

Sumber:  Elliot Aronson, Timothy D. Wilson, Robin M. Akert, Social Psychology, Sixth Edition

About widiyanto.Dwi.L/10508234

just figure it out by yourself
This entry was posted in Uncategorized. Bookmark the permalink.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s