Norming Dalam Tahap Pembentukan Struktur Kelompok

Tahap ketiga dari pembentukan kelompok adalah norming. Sebagai bahan review bahwa dalam tahap ini, kelompok telah menyepakati aturan-aturan yang telah dibicarakan dalam tahap stroming. Namun lebih jauh norming memiliki sub bab, yaitu:

 

  1. Peran ( Role )

Peran (Role) merupakan perilaku yang diharapkan ditampilkan sebaagai anggota suatu kelompok. Tapi adapaun definisi lain yaitu peran adalah fungsi yang ditampilkan seseorang yang mengemban posisi tertentu di dalam konteks tertentu.

 

Perbedaan Peran

Peran juga memiliki perbedaan-perbedaan yang disebut perbedaan peran:

Intinya bahwa setiap individu memiliki peran yang berbeda-beda. Contoh dasarnya adalah: Akan berbeda peran suami dengan peran istri. Suami berperan sabagai tulang punggung keluarga, artinya suami memiliki peran mencari nafkah untuk keluarganya. Begitu juga istri yang memiliki peran dirumah. Contoh diatas termasuk kedalam Task Role atau setiap individu telah mengetahui tugas masing-masing. Selain Task Role, ada juga yang disebut Socioemotional Roles atau Sosioemosi yang dapat mempengaruhi social emosi pada seseorang.

 

Peran Konflik

Peran juga memiliki konflik leyaknya kelompok yaitu, ada yang disebut dengan interrole: yaitu konflik antara 2 peran atau lebih yang dijalani satu orang. Contoh: seorang ibu yang juga seorang guru bingung akan lebih memilih anaknya yang sakit atau memberi ujian penting pada muridnya. Satu lagi konlik peran yaitu yang disebut Intrarole yaiu, konflik antara peran satu orang dengan peran orang lain.

 

  1. Norma ( Norm )

Norma berhubungan dengan aturan-aturan yang harus dipatuhi oleh setiap anggota dalam suatu kelompok.

 

  1. Hubungan Antar Anggota

Ditandai dengan adanya hubungan ketertarikan dari masing-masing anggota kelompok yang menimbulkan hubungan komunikasi diantara mereka.

 

Sumber : Klara Innata Arishanti, 2005

About widiyanto.Dwi.L/10508234

just figure it out by yourself
This entry was posted in Uncategorized. Bookmark the permalink.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s