Overview Proses Dasar dalam Kelompok

Wah gak kerasa sudah lima minggu saja. Minggu ini saya ingin menjelaskan tentang proses dasar yang terjadi dalam kelompok. Proses-proses dasar terjadi dalam lima tahap menurut Buce Tackman. Yaitu Forming ( pembentukan ), Stroming ( pertukaran pikiran ), Norming, Performing , Pembubaran:

1. Forming

Merupakan tahap paling awal dari proses dasar kelompok, yaitu tahap individu berkumpul dengan individu lain untuk tujuan membentuk kelompok. Pada tahap ini pula kelompok diberi tugas. Namun pada tahap ini, anggota-anggota kelompok lebih cenderung mengerjakan tugas yang diberikan secara sendiri-sendiri, dikarenakan masih renggangnya hubungan antar anggota dalam kelompok. Untuk individu yang memiliki sifat ekstrovert, mungkin tahap ini menjadi bagian panting dalam mendekatkan diri satu sama lain. Namun pada individu yang memiliki sifat introvert, diaharapkan adanya  pihak ketiga yang dapat memecah “kekakuan” dan membuat nyaman anggota satu dengan yang lainnya. Misalnnya saja dengan membuat kelompok saat mengerjakan tugas sehingga setiap individu merasa dia termasuk atau ikut serta dalam suatu kegiatan. Atau mungkin dengan member suatu permainan yang melibatkan banyak personil.

2. Stroming

Pada tahap ini kelompok sudah mulai menjadi suatu kesatuan, dan pada tahap ini pula kelompok mulai membicarakan soal masalah-masalah apa yang harus segera mereka kerjakan. Disini diharapkan masing-masing anggota kelompok saling terbuka dan bertukar pikiran dan ide-ide mereka. Namun tidak selamanya tahap ini mudah untuk dilewati, karena tahap ini berhubungan dengan pertukaran pikiran masing-masing individu, sehingga tidak menutup kemungkinan terjadi konflik dalam tahap ini. Tahap ini bisa sangat menakutkan bagi mereka yantg ingin menghindari konflik dalam kelompok dan lebih memilih mengikuti suara terbanyak atau tetap diam selama stroming berlangsung. Dan dalam tahap ini pula dapat dilihat antara individu yang dapat bertoleransi dengan perbedaan dan individu yang kukuh atau egois dengan argumennya. Tapi bagaimanapun juga tahap ini merupakan tahap yang sangat penting bagi kelanjutan sebuah kelompok.

3. Norming.

Di tahap yang ketiga ini individu saling terikat dan solid dengan individu lain, dan kelompok dilihat sebagai suatu totalitas bukan hal yang terpisah. Disini semua tugas, tanggung jawab, dan struktur telah tersusun jelas. Masing-masing anggota kelompok telah menyepakati soal aturan-aturan yang telah mereka rundingkan dan setujui pada tahap stroming. Disini individu tidak lagi dilihat sebagai individu, namun lebih diliahat sebagai alat yang bekerja untuk suatu system.

4. Performing

Kelompok pada tahap ini sudah berjalan semestinya. Jika mereka (anggota) bertanggung jawab terhadap perannya masing-masing, maka kelompok ini akan dapat mengerjakan tugas dan mencapai tujuan dengan lancer dan efektif tanpa adanya konflik yang bsar. Masing-masing anggota saling membutuhkan anggota lain dengan cara berkomunikasi, baik untuk tujuan bersosialisasi ataupun untuk hal yang berkaitan dengan tugas. Sedangkan pimpinan dalam kelompok hanya merupakan fasilitator saja, karena jika ada hal yang bersifat pengambilan keputusan, maka akan dikerjakan atau dilakuakan pengambilan suara ( musyawarah ).

5. Pembubaran

Pada tahap ini kelompok telah mencapai tujuan mereka dan kelompok membubarkan diri. Namun kelompok bisa terbentuk kembali saat adanya evaluasi terhadap hasil dari tujuan kelompok.

Sebagai catatan tambahan bahwa, terlihat mudah dalam mengimajinasikan setiap tahap. Namun pada faktanya lebih rumit. Misalnya saja tidak adanya petunjuk yang dapat dijadikan pegangan dalam hal waktu yang berhubungan dengan perpindahan dari satu tahap ke tahap lain. Dan ada kemungkinan kelompok bubar bahkan sebelum menginjak tahap terakhir.

Sumber referensi:

(WIKIPEDIA, 12MANAGE, THE TEAM BUILDING COMPANY)

About widiyanto.Dwi.L/10508234

just figure it out by yourself
This entry was posted in Uncategorized. Bookmark the permalink.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s