Massa Aktif dan Massa Pasif

Selanjutnya, masih tentang massa. Saya akan coba memaparkan soal massa aktif dan massa pasif. Sebenarnya ada kesamaan diantara massa-massa ini dengan jenis massa sebelumnya ( Abstrak dan Konkrit ) . Lalu apa perbedaannya?? Pada massa Abstrak dan Konkrit, massa dijelaskan dari sudut pandang stuktur nya dan bgaimana kelompok tersebut dapat terbentuk, seperti kesamaan tujuan, kebutuhan dan lain-lain. Sedangkan pada massa aktif dan pasif akan dijelaskan lebih lanjut sebelum masuk kepada kesimpulan.

Massa Aktif

Dari namanya saja kita sudah bisa menebak seperti apa massa ini. Massa ini bersifat aktif, dalam artian ada tindakan nyata dalam massa ini, dan biasanya massa jenis ini terkenal dengan kekerasan dan pembuat keruskan. Karena hamper sama dengan masa Abstrak, kelompok ini terbentuk karena ketidakpuasaan akan keadilan ataupun frustasi juga bisa menjadi dasar terbentuknya massa ini.

Beberapa factor yang melatar belakangi munculnya massa ini adalah:

  • Perasaan tidak puas akan sesuatu. Sehingga memilih memunculkan kegiatan nyata seperti merusak dan lain lain sebagai bentuk ketidakpuasaan dan protes akan suatu hal.
  • Lalu tekanan akan masalah yang ada di masyarakat sehingga saat masalah tersebut tidak dapat dipecahkan maka akan terjadi ledakan emosi . Bisa kita sebutkan salah satu teori psikologi yang saya pelajari dalam psikologi konseling adalah teori balon gas. Semakin besar maslah dan penambahan beban yang tidak sesuai d

Massa Pasif

Sedangkan massa aktif adalah kebalikan dari massa aktif. Orang-orang yang mengikuti massa pasif sering disebut dengan peserta bukan anggota. Misalnya contoh massa yang menonton acara konser artis kesayangan. Tidak ada kegiatan nyata. Dan jika kita lihat beberapa konser sering terjadi kerusuhan pada akhirnya. Itu tetap tidak bisa digolongkan kedalam kelompok aktif, karena tujuan awal dari massa ini adalah menonton konser dan bukan merusak.

 

Jadi kesimpulannya adalah bisa kita lihat bahwa massa aktif pasif itu labih menekan kn pada kegiatan si massa itu sendiri dan buakn bagaimana massa tersebut terbentuk. Jadi walau mirip massa Abstrak dan konkrit berbeda dengan massa pasif dan aktif.

About widiyanto.Dwi.L/10508234

just figure it out by yourself
This entry was posted in Uncategorized. Bookmark the permalink.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s