Perbedaan Massa dengan Aggregat

Kita sebenarnya telah mengetahui pengertian keduanya dari postingan-postingan sebelumnya. Namun sebenarnya apa sih perbedaan di keduanya?. Untuk review bahwa massa adalah kelompok yang terjadi karena penyebaran atau pemberian informasi yang disebarkan lewat media massa. Walu bersifat singkat, namun massa memiliki tujuan bersama yang jelas.

Misalnnya massa buruh yang menuntut kenaikan gaji pokok. Sedangkan aggregate ( sekumpulan orang ) atau kerumunan, tidak bisa disamakan dengan massa. Karena pertama aggregate bukan bagian atau jenis kelompok. Aggregat hanya sekumpulan individu yang tidak saling kenal atau mungkin tidak memiliki kesamaan tujuan yang satu dengan yang lainnya, dan berada pada waktu dan tempat yang bersamaan.

Contohnya saja orang yang sedang menunggu kereta. Mungkin mereka memiliki tujuan yang sama, tapi jika kita melihat kembali ke syarat terjadinya kelompok, maka aggregate tidak bisa disamakan dengan massa. Karena dalam aggregat tidak ada proses komunikasi atau saling mempengaruhi antara satu individu dengan individu lainnya.

Sumber referensi:

margonoipb.files.wordpress.com

About widiyanto.Dwi.L/10508234

just figure it out by yourself
This entry was posted in Uncategorized. Bookmark the permalink.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s