Alasan Individu Masuk Suatu Kelompok

Setelah panjang lebar saya jelaskan tentang berbagai informasi tentang kelompok di postingan-postingan saya sebelumnya. Tidak lengkap rasanya jika kita tidak mencari tahu sebenarnya apa alasan seorang individu masuk kelompok. Mungkin di postingan saya sebelumnya, saya pernah membahas sedikit, berkaitan dengan pengurangan beban tugas, pertukaran informasi dan lain sebagainya. Tapi saya disini akan mencoba mengulas lebih jauh, dan kita akan melihat dari 3 pandangan dari 5 pandangan secara keseluruhan. Kita mulai dengan aktifitas kelompok:
1. Aktifitas Kelompok
Tak heran jika seseorang bergabung dengan kelompok karena aktifitas yang dilakukan kelompok tersebut. Hal ini berkaitan dengan kesenangan seseorang terhadap suatu kegiatan, sehingga saat ia melihat suatu kelompok yang melakukan kegiatan yang ia senangi, maka individu tersebut akan bergabung dengan kelompok tersebut.
Contoh: Seorang mahasiswa yang memiliki jiwa social, melihat kelompok yang memiliki aktifitas baksos (bakti social) setiap minggunya. Kesenangan mahasiswa ini sejalan dengan aktifitas yang dilakukan oleh kelompok it, sehingga si mahasiswa bergabung dengan kelompok tersebut.
2. Tujuan kelompok
Untuk hal yamng ini, ternyata selain sebagai syarat terjadinya kelompok. Tujuan juga merupakan alas an masuk kelompok bagi individu. Kemungkinan individu masuk kelompok akan semakin besar jika tujuan dari kelompok sejalan dengan tujuan individu.
Contoh: Seorang yang membenci korupsi akan lebih memilih masuk ke suiatu kelompok yang memiliki tujuan yang sama, seperti tujuan memerangi atau memberantas korupsi itu sendiri.
3. Keanggotaan Kelompok
Pada factor yang terakhir, ini menyangkut ketertarikan akan individu yang berada atau yang telah menjadi anggota disuatu kelompok, yang memungkinkan orang lain untuk masuk kesuatu kelompok.
Misalnya saja: Murid yang masuk ke suatu ekskul karena Pembina ekskul tersebut merupakan guru favorit si murid.
Nah dari sini kita bisa menarik kesimpulan, bahwa tidak selalu perlu tujuan yang sama atau aktifitas yang menarik atau sejalan dengn kesenangan individu untuk masuk ke suatu kelompok.

About widiyanto.Dwi.L/10508234

just figure it out by yourself
This entry was posted in Uncategorized. Bookmark the permalink.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s