Pengertian Kelompok, Fungsi, dan Hal-hal yang Mempererat Kebersamaan Anggota Kelompok

A. Pengertian Kelompok

Sudah pasti kita sering mendengar kata_kata “kelompok”. Entah kelompok social, kelompok belajar, kelompok bermain dan lain-lain. Dan sebagai review dari postingan saya sebelumnya bahwa ada perbedaan yang jelas antara kelompok dengan kerumunan. Nah sebetulnya apa sih kelompok itu?? Lebih jauh di artikel ini saya akan mencoba membedah apa itu kelompok dari sudut pandang  para ahli dibidangnya:

  • Untuk tokoh saya mengambil dari Forsyth ( 1983 )
    Yang berpendapat bahwa: Kelompok adalah dua atau lebih individu yang saling mempengaruhi melalui interaksi social.
  • Sedangkan dalam penjelasan babas nya kelompok adalah kumpulan individu yang saling berinteraksi dan mempunyai tujuan yang sama.
  • Tapi ternyata buku social psychology karangan Elliot Aronson, dkk ,lebih memilih untuk menggabungkan kedua konsep tersebut dengan sedikit penambahan, yaitu: Kelompok adalah 2 orang atau lebih yang memiliki kebutuhan dan tujuan yang sama, dan mereka saling mempengaruhi antara anggota kelompok satu dengan yang lainnya.

B. Fungsi kelompok

Sebenarnya untuk apa sih individu itu bergabung dalam kelompok. Adakah keuntungan dalam berkelompok??  Jawabannya jelas ada keuntungan didalamnya. Menurut buku social psychology karangan Elliot Aronson, dkk. Bahwa kelompok secara tidak langsung memenuhi kebutuhan dasar manusia yitu bersosialisasi. Tapi apakah hanya itu? Masih banyak fungsi lain didalamnya. Antara lain adalah:

  • Dapat mengurangi ke senjangan dalam lingkungan baru
  • Sangat berguna dalam pencarian informasi baru. Seperti yang kita lakukan selama ini secara tidak sadar ataupun sadar. Bahwa proses komunikasi dalam bentuk kelompok memungkinkan kita menerima informasi baru dari teman contohnya. Sehingga pengetahuan atau informasi dari luar bertambah.
  • Dan saat remaja kelompok menjadi sangat penting, karena kelompok menjadi bagian dari identitas.
  • Memudahlan pekerjaan. Tidak semua pekerjaan bisa kita lakukan secara individu. Contoh paling ringan adalah dalam tugas. Tugas akan terasa lebih berat dikerjakan sendri dari pada dikerjakan bersama-sama dengan teman. Karena didalam nya kita dapat saling bertukar pandangan dan pikiran.
  • Menciptakan iklim demokratisTerkadang suatu kelompok membutuhkan suatu pembicaraan bersama atau pengambilan keputusan bersama akan suatu isu atau masalah dengan cara demokrasi.

C. Hal-hal yang mempererat kebersamaan anggota kelompok

Kelompok sama halnya dengan awak kapal. Jika anggota nya solid maka semakin kokoh dan bertahan lama kapalnya berlayar. Begitupun kelompok. Kelompok tidak bisa terlepas dari peran anggota-anggotanya. Nah ini ada beberapa hal yang dapat memererat kebersamaan atau afeksi dari masing-masing anggota, antara lain:

  • Harus memiliki kesamaan tujuan.
  • Serta memiliki struktur keanggotaan yang jelas dan telah disetujui oleh para anggotanya.

Sumber referensi:

About these ads

About widiyanto.Dwi.L/10508234

just figure it out by yourself
This entry was posted in Uncategorized. Bookmark the permalink.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s